Masakan Tradisional Jawa Tengah

Masakan Tradisional Jawa Tengah –┬áSemua orang bisa mencoba bagaimana rasa masakan tradisional Jawa Tengah jika berkunjung ke lokasinya. Jawa Tengah sama seperti provinsi lain memiliki wisata kuliner tertentu dengan berbagai varian rasa. Mungkin sudah banyak nama kuliner di bawah ini pernah didengar tetapi belum mencicipinya secara langsung.

Ini Daftar Masakan Tradisional Jawa Tengah Yang Bisa Dicicipi

  1. Lumpia

Lumpia sebagai salah satu masakan Jawa Tengah yang berasal dari Semarang. Bahan dasar pembuatan lumpia ini adalah rebung, daging ayam, telur dan udang ebi kemudian dibalut dengan kulit lumpia. Saat yang tepat memakan lumpia ketika masih hangat ditambah dengan saus cabe rawit yang sedap.

  1. Tempe Mendoan

Tempe mendoan termasuk gorengan yang dibuat dengan bahan dasar tempe yang dibalut tepung. Rasa gurih tempe dipadu dengan saus kecap dan cabe rawit menambah nikmatnya makanan ini.

  1. Gudeg

Aneka masakan Jawa Tengah selanjutnya bernama gudeg yang bisa dibilang dibilang raja dari semua makanan Yogyakarta. Bahan pembuatan makanan ini menggunakan nangka dan santan dan bisa disajikan sebagai lauk saat makan nasi.

  1. Oseng-oseng mercon

Makanan khas Jawa ini dikenal dengan sebutan mercon yang artinya kembang api. Dinamakan mercon karena rasanya yang bukan seperti masakan oseng-oseng biasa yaitu gurih, namun oseng-oseng ini punya cita rasa masakan sangat pedas sehingga di lidah seperti kembang api yang menyala. Oseng ini memakai daging tetelan yang dimasak dengan beberapa bumbu seperti cabai, kecap manis dan gula merah. Bisa dilengkapi dengan bawang goreng merah.

  1. Enting-Enting Gepuk

Masakan yang berasal dari Salatiga. Resep masakan tradisional Jawa Tengah ini terbuat dari kacang yang telah digiling lalu dicampur dengan gula kental dan dipadatkan. Proses ini dilakukan dengan hati-hati supaya minyak kacang tanah keluar sehingga rasa dan aroma tidak hilang.

  1. Tahu Petis
BACA JUGA:  Makanan Tradisional Enak di Jakarta Wajib Dicoba

Tahu petis adalah tahu goreng yang didalamnya diisi dengan saus hitam yang disebut Petis dimana terbuat dari sup ikan ataupun udang. Tahu yang juga sering disebut Tofu Petis ini bisa dinikmati sebagai camilan atau dimakan bersama nasi putih hangat.

  1. Cilok Gajahan

Masakan ini berasal dari Yogyakarta dan terbuat dari tepung tapioka dan rempah-rampah. Untuk isiannya bisa menggunakan daging sapi. Cilok ini dimakan dengan sambal cabe rawit untuk menambah nikmat rsasanya.

  1. Telur asin

Merupakan masakan khas Jawa tengah dan diberi nama telur asin sebab telurnya diawetkan menggunakan garam sehingga rasanya jelas sangat asin. Biasanya telur yang dipakai adalah telur bebek. Telur ini bisa dimakan langsung, meski ada juga yang suka mengonsumsinya dengan nasi.

  1. Tiwul

Tiwul adalah makanan khas yang khususnya bisa ditemukan di daerah Gunung Kidul. Pada jaman dahulu, Tiwul dipakai sebagai alternatif dari beras bagi keluarga yang tak bisa membelinya. Mereka pun menggunakan tiwul untuk makanan pokok sehari-hari. Tiwul dibuat dari singkong yang diberi taburan kelapa parut dan gula sehingga rasanya lebih enak, campuran rasa gurih dan manis.

  1. Krecek

Krecek adalah masakan dari daerah Yogyakarta yang sering dihidangkan sebagai masakan pendamping atau tambahan, contohnya seperti sambal krecek. Rasa dari sambal krecek ini pedas sekaligus manis. Masakan ini paling umum disajikan bersama dengan gudeg. Krecek sendiri terbuat dari kulit sapi yang dikeringkan lalu diberi berbagai macam bumbu yang sama seperti bumbu sambal goreng, hanya saja untuk kuahnya dibuat lebih banyak.

Itulah tadi beberapa macam masakan tradisional Jawa Tengah yang bisa dicicipi ketika Anda berlibur ke berbagai daerah yang ada di Jateng.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.