Masakan Tradisional Yang Mudah Dibuat
Masakan Tradisional Yang Mudah Dibuat

Masakan Tradisional yang Mudah Dibuat – Indonesia memiliki beragam kuliner mulai dari masakan tradisional yang mudah dibuat hingga yang memerlukan waktu lebih dari satu jam. Dari setiap daerah memiliki masakan khas tersendiri dan rasanya pun berbeda dengan masakan daerah lain. Meskipun begitu, semuanya tetap memiliki rasa yang istimewa.

Berikut 7 Masakan Tradisional Yang Mudah Dibuat

Berikut ada enam masakan tradisional dan cara membuat makanan khas daerah yang mudah dibuat bagi yang malas masak:

  1. Pepes ikan

Pepes ikan mudah ditemui dihampir setiap daerah yang ada di Indonesia. Pepes sebenarnya cara orang Jawa Barat untuk memasak ikan menggunakan bungkusan daun pisang. Ikan yang dimasak pun tidak digoreng tetapi dikukus. Bahan utama yang digunakan tentunya ikan dan bumbu rempah yang mudah dijumpai.

Proses pembuatannya pun mudah, bumbu yang sudah dihaluskan dilumuri pada ikan-ikan yang sudah dibersihkan. Dibalut dengan daun pisang dan dikukus hingga matang. Biasanya ikan yang digunakan ialah ikan air tawar namun ada juga yang menggunakan ikan lainnya tergantung selera masing-masing.

  1. Botok

Botok adalah kuliner yang bisa dengan mudah dijumpai di warung-warung makan. Ada dua jenis botok yaitu botok sayur dan botok daging. Sesuai dengan namanya, botok sayur berbahan dasar sayuran sebagai isiannya sedangkan botok daging digunakan daging sebagai bahan isiannya dan ada yang menggunakan tempe. Cara membuat makanan khas daerah yang mudah bisa dilakukan dengan cara menghaluskan bahan untuk bumbunya terlebih dahulu. Kemudian campurkan bahan seperti tempe, parutan kelapa, daun melinjo dan sebagainya. Ambil adonan dan bungkus menggunakan daun pisang kemudian dikukus.

  1. Pecak ikan

Masakan tradisional yang gampang dibuat selanjutnya ialah pecak ikan. Pecak ini dibuat dengan menggunakan ikan air tawar seperti ikan nila, ikan mas atau gurame. Membutuhkan cara tersendiri agar ikan yang digunakan ini tidak terasa amis saat dimakan yaitu dengan cara dilumuri dengan perasan jeruk nipis dan garam. Sedangkan bahan kuahnya menggunakan bumbu dapur, rempah, gula dan cuka.

  1. Urap sayur
BACA JUGA:  3 Tips Menghilangkan Noda Kopi Dalam Gelas Jarang Diketahui

Makanan satu ini sudah dikenal dihampir semua kalangan masyarakat dengan bahan dasarnya kacang panjang, tauge, mentimun kemudian dicampur dengan sambal dan parutan kelapa muda. Urap sayur bisa dijadikan alternative bagi yang sudah bosan dengan makanan tumisan. Cara membuatnya cukup mudah yaitu dengan merebus semua bahan sayuran terlebih dahulu. Kemudian diangkat jika sudah matang. Lalu dicampurkan bumbu kelapa dengan parutan kelapa muda. Setelah itu, ambil adonan dan bungkus dengan menggunakan daun pisang kemudian kukus.

  1. Sayur asem

Sayur asem atau sayur asam adalah masakan yang bisa dengan mudah dijumpai disetiap rumah di Indonesia dan termasuk masakan tradisional Indonesia yang sangat mudah dibuat. Biasanya bahan sayuran asem ini ialah jagung manis, kacang panjang, melinjo, kacang tanah dan labu siam.

  1. Pindang ikan

Makanan ini bisa dengan mudah dijumpai di warung-warung makan yang menggunakan ikan air tawar atau ikan bandeng. Masakan ini biasa dimakan oleh orang yang memiliki masalah kolesterol karena pindang ikan tidak tinggi kolesterol. Cita rasanya gurih dengan aroma bumbu khas rempah-rempah.

  1. Plecing Kangkung

Merupakan masakan yang sangat sederhana terbuat dari sayur kangkung yang dimasak dengan campuran kacang tanah yang sudah digoreng dan dihaluskan, tauge, perasan jeruk nipis dan sambal tomat. Sayuran ini menawarkan cita rasa agak pedas yang segar dan sangat cocok dihidangkan bersama nasi hangat serta ikan bakar.

Sekian penjelasan 7 masakan tradisional yang mudah dibuat yang mudah dibuat dan jangan lupa mencoba membuat sendiri di rumah. Selamat mencoba.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.