Masakan Tradisional Banten
Masakan Tradisional Banten

Masakan Tradisional Banten –¬†Kuliner Banten dapat dicoba karena rasanya yang unik dan khas. Selain itu, karena jenisnya yang beragam kamu memiliki banyak pilihan untuk dimakan sesuai dengan selera. Masakan khas Banten ini kaya akan rasa, entah itu gurih, pedas, asin dan lain-lain. Apa saja masakan tradisional Banten yang kami rekomendasikan?

Daftar Masakan Tradisional Banten Untuk Pecinta Kuliner

  1. Rabeg

Rabeg adalah jajanan khas Banten yang mengadaptasi makanan dari Arab yang dikembangkan dengan rasa rempah khas Indonesia di dalamnya. Rabeg memakai bahan kambing dari bagian dagingnya hingga jeroan yang dimasak dengan berbagai macam bumbu. Biasanya disajikan dengan rasa pedas sehingga ditambahkan bumbu seperti jahe dan cabai, tetapi memasaknya membutuhkan waktu yang lama agar bau kambing dapat hilang serta teksturnya bisa empuk.

  1. Sambel Burog

Sambel Burog ini biasanya menjadi hidangan yang disajikan pada orang yang sedang berkunjung ke rumah orang yang baru pulang dari naik haji. Sambel burog sangat terkenal di Banten sebab cita rasanya unik. Sambel burog dibuat dari bahan kulit tangkil atau melinjo yang dicampur bawang merah, bawang putih, daun salam dan kemiri.

  1. Gerem Asem

Gerem Asem masakan khas Banten pedas yang harus dicoba. Gerem Asem dibuang dengan bahan utama daging ayam atau bebek lalu dibalur dengan rempah-rempah. Masakan ini disajikan dengan cara ayamnya dibakar terlebih dahulu lalu disiram dengan kuah.

  1. Gecom

Gecom berasal dari gabungan kata dari tauge dan oncom.  Jajanan khas ini sangat unik karena dimasak dengan wajan datar yang biasanya dipakai untuk membuat martabak. Gecom punya rasa yang lezat karena ciri khas rasa rempah-rempah nusantara yang kuat. Gecom biasanya disajikan sebagai pelengkap nasi hangat dan lauk pauk.

  1. Balok Menes

Balok menes biasanya dimakan sebagai cemilan dikala senggang. Balok Menes memiliki tekstur dan bahan yang hampir sama dengan getuk. Bedanya yaitu balok menes bentuk adonan tidak dibuat seperti getuk, tetapi dibuat menjadi balok-balok berwarna putih. Balok menes diberi toping berupa serundeng di atasnya, tetapi bisa juga menggunakan bumbu kacang.

  1. Pasung Merah
BACA JUGA:  Resep Masakan Martabak Keju Super Nikmat Khas Bandung

Kue pasung adalah kuliner khas Banten yang dibuat dari tepung sagu, tepung beras, gula merah dan santan lalu diaduk hingga jadi sebuah adonan. Setelah itu, adonan dimasukkan ke daun pisang yang sudah dibentuk contong. Kue ini unik karena bentuknya seperti kerucut dan penyajiannya disusun berbentuk lingkaran.

  1. Sate Bebek Cibeber

Secara sekilas sate bebek cibeber tidak berbeda dengan sate bebek lainnya. Namun, perbedaan utama terletak pada proses pembuatannya yaitu daging bebek yang dibumbui dahulu sebelum dibakar sehingga tidak perlu tambahan kecap atau bumbu lainnya. Rasa bumbunya meresap sampai ke dalam daging dan kemudian disajikan dengan bumbu kacang.

  1. Angeun Lada

Makanan ini dibuat dengan rempah alami dengan rasa yang kuat ditambah dengan cabai rawit yang dihaluskan sehingga biasanya angeun lada disebut sayuran kuah pedas. Angeun Lada merupakan salah satu daftar makanan khas Banten yang harus Anda coba, babat sapi atau tulang iga sapi yang merupakan isi dari angeun Lada dimasak matang bersama kuahnya memberikan cita rasa yang meresap di setiap bagian.

  1. Ketan Bintul

Ketan Bintul biasanya menjadi makanan pelengkap saat ramadhan dan sangat disukai oleh masyarakat Banten. Tidak ada perbedaan yang signifikan dengan ketan lainnya bila dilihat dari proses pembuatannya, tetapi ketan bintul memberikan tambahan bumbu serundeng dan kacang yang dihaluskan yang menjadi pembeda.

  1. Kue Jojorong

Salah satu jajanan khas Banten yang banyak dijual di pasar tradisional, dan disukai masyarakat Banten sebagai sarapan. Kue Jojorong berbentuk seperti bubur sumsum, rasanya asin gurih dengan tekstur lembut dan lumer yang dicampur dengan gula merah cair. Disajikan dengan daun pisang dan irisan daun pandan.

Itulah beberapa masakan tradisional Banten dengan berbagai macam cita rasa mulai dari rasa manis, gurih, asin dan sebagainya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.