Masakan Tradisional Bengkulu
Masakan Tradisional Bengkulu

Masakan Tradisional Bengkulu – Anda harus coba kuliner asal Bengkulu berikut ini karena memiliki aneka ragam rasa dan bentuk. Bengkulu punya variasi masakan tradisional yang terkenal dengan rasa yang tidak bisa diremehkan dan mungkin belum pernah Anda coba. Jadi, jika Anda datang ke daerah Bengkulu cobalah beberapa makanan khas Bengkulu yang telah direkomendasikan berikut ini.

10 Makanan Tradisional Bengkulu Yang Dapat Kamu Coba

  1. Bolu Koja

Bolu koja dapat menjadi oleh-oleh khas Bengkulu yang bisa Anda bawa pulang.  Tekstur bolunya begitu lembut rasa yang sangat enak. Tekstur lembut tersebut berasal dari pemakaian bahan agar-agar dan dengan warna dominan hijau yang berasal dari penggunaan bahan pewarna makanan alami berupa daun pandan atau daun suji. Bolu Koja di Bengkulu biasanya ditaburi topping berupa coklat meises serta keju di atasnya.

  1. Bagar Hiu

Bagar hiu dibuat dari daging hiu dan dimasak dengan  kelapa yang disangrai berbentuk seperti Rendang. Karena dagingnya yang istimewa, biasanya bagar hiu disajikan hanya pada bulan Ramadhan. Proses pembuatan Bagar Hiu cukup lama dan rumit karena bau Ikan Hiu yang tajam dan amis harus dihilangkan dengan jerus nipis dan bumbu lain.

  1. Mie Terbang

Mie Terbang diciptakan oleh Salman, seorang pemilik Rumah Makan Kekinian yang terletak di pusat jajanan kuliner Bengkulu. Seperti namanya, mie yang disajikan seperti melayang. Tingkat kepedasan mie terbang sendiri bisa diatur hingga level lima. Cek makanan Khas Bengkulu beserta gambarnya ini yang dapat dicoba di J. Rafflesia, Bengkulu.

  1. Manisan terong

Biasanya Manisan Terong lebih banyak dibeli oleh para wisatawan sebagai oleh-oleh untuk keluarga dan kerabat di rumah. Manisan khas Bengkulu ini menggunakan terong yang notabene merupakan salah satu jenis sayuran, yang membuat oleh-oleh ini unik, dengan rasa yang manis dan tekstur yang legit.

  1. Bay tat

Bay Tat merupakan kue khas Bengkulu yang berbentuk segi empat seperti kue tart tapi memiliki tampilan serupa  kue pie biasanya dengan topping nanas atau keju. Kue bay tat terbuat dari telur ayam, tepung gandum, gula pasir serta mentega. Bay Tat memiliki tekstur yang lembut dan rasa yang manis yang sangat disukai oleh banyak orang baik wisatawan maupun penduduk asli.

  1. Pendap
BACA JUGA:  10 Masakan Tradisional Batak yang Wajib Anda Coba

Pendap adalah makanan Bengkulu yang sering dikenal dengan sebutan ikan pais oleh masyarakat Bengkulu. Meski berasal dari Bengkulu, namun ikan pais juga bisa ditemukan di sejumlah kota besar di Indonesia seperti Lampung, Jakarta, Jambi, Pangkal Pinang dan Palembang. Pendap mempunyai cita rasa yang sangat kuat sehingga dapat meningkatkan selera makan karena aromanya yang khas dengan rasa gurih yang pedas.

  1. Gulai Kemba’ang

Gulai kemba’ang adalah masakan tradisional dari daerah Bengkulu. Makanan khas Bengkulu yang berkuah ini dibuat dengan bahan utama iga sapi yang diracik dan dicampur dengan beberapa macam  variasi bumbu, biasanya disajikan pada saat berbuka puasa ataupun sahur karena nutrisinya yang baik dan rasanya yang nikmat.

  1. Tempoyak

Tempoyak terbuat dari bahan utama buah durian yang difermentasi sehingga tercipta rasa asam pada makanan. Tempoyak ini baru dapat dikonsumsi kalau daging buah durian sudah difermentasi sekitar 3 sampai 5 hari. Tempoyak ini nantinya diolah dengan ikan air tawar seperti ikan mujair, ikan teri, ikan mas dan ikan patin. Ada pula yang mengolahnya dengan ayam ataupun digunakan sebagai sambal atau bumbu makanan.

  1. Lema

Lema hampir sama dengan tempoyak sebab bahannya harus difermentasi dulu. Rebung dicincang lalu dicampur dengan ikan mujair atau sepat lalu difermentasi sampai dengan 3 hari. Sayangnya Lema memiliki aroma yang kurang sedap karena campuran ikan dalam rebung. Meskipun berbau tidak sedap, masyarakat Bengkulu masih menyukainya.

  1. Lepek Binti

Kue lepek binti biasanya dimakan saat berbuka puasa, dengan bahan dasar tepung ketan, santan dan daging sapi giling yang dibungkus dengan daun pisang. Kue Lepek Binti memiliki rasa yang gurih. Cocok menjadi cemilan sehari-hari di kala senggang.

Itulah beberapa jenis makanan tradisional Bengkulu yang kami rekomendasikan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.