Naniura
Naniura

Masakan Tradisional Batak – Jika Anda sedang mengunjungi daerah sekitar Sumatera Utara maka makanan khas dari Batak harus dicoba. Dan apalagi jika Anda sedang mengunjungi Danau Toba, Anda harus coba makanan ini agar kunjunganmu tidak sia-sia. Masakan tradisional batak ini beragam jenisnya dengan bahan utamanya kebanyakan berupa daging.

Masakan Tradisional Batak Yang Dapat Dicoba

  1. Naniura

Makanan khas Batak ini berbahan dasar ikan mas, ikan nila atau pun ikan mujahir yang disajikan dengan bumbu yang lengkap sehingga membuat ikan tersebut lebih enak dinikmati. Makanan ini disajikan tanpa dimasak sehingga bumbu-bumbu yang kuat menjadi faktor penting untuk menentukan rasa dari masakan ini sendiri.

  1. Manuk Napinadar

Manuk Napinadar dimasak dengan cara daging ayam dibakar terlebih dahulu kemudian dibumbui dan dicampurkan dengan darah segar ayam itu sendiri dengan proses kematangan yang pas. Masakan khas ini akan lebih nikmat jika dibuat dengan rasa agak pedas namun untuk Anda yang tidak suka masakan pedas bisa kamu sesuaikan dengan selera.

  1. Babi panggang

Babi panggang bukan merupakan masakan Batak halal, tetapi masakan ini terkenal karena rasanya yang sangat nikmat. Berbahan dasar daging babi yang disiram dengan sedikit asam sebelum dipanggang. Babi Panggang akan matang dengan sempurna ketika perlahan-lahan lemak dari daging keluar kemudian disajikan dengan bumbu darah atau cabe rawit.

  1. Tango-tanggo

Tanggo-tanggo juga bukan merupakan masakan berbahan dasar daging babi dan daging anjing, dengan besar kira-kira sekepalan tangan. Tanggo-tanggo biasanya menggunakan hewan yang lebih muda agar tekstur masakan tidak terlalu keras sehingga bumbu dapat lebih meresap dan daging lebih empuk.

  1. Daun Ubi Tumbuk

Daun Ubi Tumbuk menjadi sayur favorit dalam masakan Batak. Masakan ini bisa dimakan mentah atau dimasak. Cara membuatnya sendiri tidak sulit, daun ubi ditumbuk dicampur dengan cabe, bawang merah dan bawah putih dan jangan lupa buah rimbang. Tetapi masakan ini lebih nikmat jika dimasak dengan daun ubi ditumbuk bersamaan lalu ditambah 1-2 batang serai. Semua bahan direbus kemudian diberi santan.

  1. Daun Ubi Jantung Pisang
BACA JUGA:  Makanan Tradisional Aceh yang Amat Khas dan Unik

daun ubi jantung pisang mirip dengan daun ubi tumbuk, hanya saja diperlukan tambahan potongan jantung pisang yang diiris kecil-kecil, dan kelapa parut. Lalu semua bumbu ditumis dan kemudian kamu dapat memasukkan bumbu utama daun ubi, jantung pisang dan kelapa parut dengan menambahkan sedikit air dan garam. Ditumis sampai benar-benar matang.

  1. Arsik

Arsik adalah kuliner khas batak yang biasanya digunakan untuk makanan perayaan. Arsik berbahan dasar ikan seperti ikan mas, nila dan ikan mujahir. Biasanya ikan ini ditangkap langsung dari Danau Toba sehingga ikan yang didapat sangatlah segar. Biasanya proses memasak ikan ini ditambahkan dengan andaliman sejenis rempah yang terkenal di Aceh untuk menciptakan rasa pedas pada Arsik.

  1. Natinombur

Natinombur adalah ikan yang dimasak dan disiram dengan bumbu. Bumbu untuk ikan sendiri  hampir sama dengan arsik, bedanya adalah bumbunya dibakar . Natinombur berbahan dasar ikan yang dibakar, biasanya ikan nila atau pun mujahir. Untuk rasa ditambahkan dengan rempah andaliman. Bila anda yang suka pedas dapat menambahkan cabe atau andaliman untuk rasa yang lebih nikat dan sesuai dengan selera anda.

  1. Saksang

Saksang bahan dasarnya daging anjing atau daging babi. Dimasak dengan bumbu khusus dan proses memasaknya biasanya dicampur dengan darah daging itu sendiri. Jika dibandingkan dengan babi panggang, saksang lebih banyak kandungan dagingnya  Masakan ini sangat direkomendasikan bagi Anda pecinta pedas karena andaliman yang digunakan akan memberi sensasi panas yang pedas.

  1. Dali Ni Horbo

Dali Ni Horbo adalah susu kerbau yang diolah secara tradisional dengan lemak, karbohidrat dan protein. Perbedaan dengan susu biasa adalah bahwa susu ini diolah tanpa mengandung bahan kimia. Anda dapat membuat dali ni horbo sendiri di rumah caranya  dengan susu kerbau cair dimasak pada api dengan suhu kecil sehingga tidak terlalu panas. Tambah sedikit garam, tunggu sampai susu mengental kemudian tambahkan perasan air daun pepaya.

Itulah beberapa masakan tradisional batak yang bisa dicoba ketika berlibur ke sana!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.