Makanan Tradisional Aceh
Makanan Tradisional Aceh

Makanan Tradisional Aceh – Kuliner dari Aceh cukup beragam dan patut dicoba. Makanan tradisional Aceh memilki ciri khas tersendiri yang membuatnya unik, entah itu dari aromanya atau bumbunya yang khusus sehingga membuat pencicipnya ketagihan. Wilayah yang berada di ujung Sumatera ini menyimpan banyak masakan khas yang unik seperti berikut.

Daftar Makanan Tradisional Aceh Cocok Untuk Wisata Kuliner

  1. Mie Aceh

Mie aceh adalah masakan khas Aceh yang unik, mie disatukan dengan pelengkap lainnya seperti kepiting, daging, seafood, atau yang lainnya. Mie Aceh dapat digoreng atau direbus tergantung selera dan akan meninggalkan rasa yang menempel bagi yang sudah mencicipinya.

  1. Ayam Tangkap

Ayam tangkap terbuat dari ayam muda yang digoreng kering dengan cabe hijau dan daun temuru atau dikenal juga dengan sebutan daun salam koja/ daun kari. Kebanyakan orang Aceh sendiri menyebut dain ini sebagai ‘On Temurui’. Makanan Aceh ini terdiri dari potongan ayam kecil, dan ditutupi dengan cabe hijau dan daun temuru yang digoreng kering.

  1. Kuah Sie Itek

Resep masakan Aceh ini dapat dicoba dengan bahan utama dari daging itik atau bebek, itulah sebabnya mungkin dinamai Itek. Daging ditambah dan dimasak dengan bumbu khas agar daging itik/ bebeknya tidak amis menjadikan kuah sie itek makanan favorit bagi para wisatawan atau orang yang mengunjungi Aceh.

  1. Rujak Aceh

Rujak Aceh awalnya nampak sama dengan rujak-rujak lainnya. Namun berbeda dengan rujak lainnya, rujak Aceh ini selain dibuat dari bahan buah untuk rujak pada umumnya masih ditambah lagi dengan buah rumbia, buah batok, atau buah pisang muda sehingga rasanya sedikit sepat atau kelat.

  1. Martabak Aceh

Martabak Aceh menggunakan roti cane sebagai kulitnya yang dicampur dengan telur yang dikocok atau didadar. Cita rasanya pedas dan sedikit gurih yang kemudian disajikan dengan acar bawang dan cabe rawit.

  1. Ungkot Keumamah
BACA JUGA:  Masakan Tradisional Bangka Belitung Terbaik

Makanan ini sudah terkenal sejak perang Aceh dahulu, tetapi resep masakan ini sudah mengalami perkembangan. Ungkot Keumamah adalah masakan ikan dibalur tepung sagu dengan bahan seperti santan kelapa, cabe, kentang  yang memberi cita rasa unik.

  1. Kuah Pilek U

Makanan ini biasanya disajikan di hari besar keagamaan seperti Maulid, Puasa juga Lebaran. Kuah Pilek U adalah masakan tradisional dari Aceh yang terdiri dari beragam sayuran khas Aceh dengan kuah kuning yang sangat nikmat.

  1. Gulai Sie Kameng

Gule Sie Kameng juga merupakan masakan dari daerah Aceh untuk perayaan keagamaan dan perayaan tradisional. Gule Sie Kameng terdiri dari daging kambing, nangka muda, pisang kepok, dan bumbu rempah khas Aceh sehingga nikmat rasanya dan khas aromanya.

  1. Ungkot Masam Keu-eung

Ungkot Masam Keu-eung adalah masakan khas daerah Aceh yang cukup pedas,yang terdiri dari olahan ikan hasil laut dan belimbing wuluh yang dikeringkan. Makanan ini sangat direkomendasikan bagi Anda yang sangat suka dengan rasa asam campur pedas.

  1. Gulai Kambing

Gulai kambing dari Aceh ini sangat terkenal dengan ciri khas rasa dan aroma dari bumbu rempah yang dibuat. Gulai kambing dari Aceh memiliki kuah yang kental dengan rasa rempah yang cukup tajam. Biasanya gulai ini akan dicampur dengan bumbu seperti jeruk nipis dan cabai rawit tumbuk. Isinya jelas daging kambing yang sudah dicincang-cincang dan direbus hingga halus.

Daftar makanan tradisional Aceh di atas wajib Anda coba ketika berkunjung ke daerah Sumatera ini. Apalagi bagi Anda yang menyukai kuliner dengan bumbu-bumbu khas yang beraroma kuat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.