Makanan Tradisional Bandung
Makanan Tradisional Bandung

Makanan Tradisional Bandung – Kalian sudah tahu kan Kota Kembang alias Bandung memang terkenal dengan keragaman berbagai macam jenis makanan yang dijual. Tetapi yang paling harus Anda coba adalah makanan tradisional khas Bandung yang rasanya sangat unik dan bikin ketagihan seperti daftar di bawah ini.

Makanan Tradisional Bandung Yang Harus Dicicipi

  1. Surabi atau Serabi

Surabi atau Serabi ini berbentuk seperti pancake yang dibuat dengan cara dibakar di atas tungku dengan adonan yang sangat tebal. Alat tersebut dibuat melalui cetakan tanah liat yang justru membuat makanan ini menjadi nikmat dari segi rasa dan aroma. Kuliner Bandung ini biasa disajikan sebagai makanan penutup atau cemilan tergantung topping yang diinginkan seperti nangka, sosis, pisang, coklat, keju dan sebagainya.

  1. Bandros

Bandros sendiri dibuat dari tepung terigu yang diadoni santan kelapa. Makanan ini dibuat dengan cara dipanggang di cetakan bentuk cekung, setelah itu bisa diberi taburan dari kelapa parut. Tetapi karena perkembangan kuliner, Bandros sekarang sudah memiliki banyak topping yang berbeda seperti coklat, selai, dan lain-lain.

  1. Mie Kocok

Mie ini di Bandung juga sering dijual oleh para pedagang kaki lima seperti mie bakso. Namun berbeda dengan mie bakso, mie kocok diolah dengan mie yang berbentuk sedikit datar dan dicampur dengan kikil sapi serta sayuran seperti tauge dengan kuah yang lebih kental bila dibandingkan dengan mie bakso biasa. Lalu kenapa disebut mie kocok? Karena sebelum disajikan, mie diolah dengan cara dikocok dan diaduk terlebih dahulu.

  1. Cireng

Cireng adalah singkatan dari ‘aci di goreng’, jajanan favorit Bandung ini sangat enak dimakan sebagai cemilan. Cireng ini banyak jenisnya, bisa dibuat cireng isi atau dengan tambahan bumbu cireng seperti bumbu rujak atau bumbu kacang.

  1. Batagor Bandung

Batagor adalah singkatan dari baso tahu goreng, makanan ini terbuat dari adonan ikan dan tepung kanji digoreng serta ditambahkan dengan saus kacang dan perasan jeruk. Makanan ini sangat nikmat disantap ketika masih panas.

  1. Perkedel Bondon
BACA JUGA:  Resep Masakan Cireng Isi Oncom Pedas Khas Bandung Dijamin Maknyus

Berbeda dengan perkedel kentang lainnya, perkedel bondon digoreng di atas tungku api dan menggunakan bara dari kayu. Perkedel bondon sangat nikmat jika dimakan dengan sambal. Bisa untuk lauk pauk juga yang dimakan bersama dengan nasi hangat.

  1. Nasi Timbel

Nasi timbel adalah nasi putih panas yang dibungkus dengan daun pisang yang memberi aroma khas. Biasanya nasi timbel disajikan dengan masakan Sunda lainnya seperti tahu, tempe dan ayam goreng. Nasi Timbel merupakah salah satu resep masakan tradisional Bandung yang paling diminati apalagi kalau disantap bersama lalapan.

  1. Seblak

Seblak merupakan campuran makanan yang terbuat dari kerupuk yang direbus air panas sampai bantat. Lalu masih dicampur dengan berbagai racikan bumbu pedas (biasanya terdiri dari cabai, garam, bawang putih dan kencur). Ada banyak variasi seblak seperti seblak kering, seblak basah hingga seblak kekinian yang dicampur makaroni, bakso, cilok, dan lainnya.

  1. Tahu Jablay

Tahu jablay dipotong berbentuk dadu, digoreng dengan bumbu krispy dan sangat nikmat bila dimakan selagi panas. Tetapi tahu jablay sekarang sangat sulit ditemukan di jalanan kota Bandung sehingga mungkin Anda akan sedikit sulit mencarinya.

  1. Kupat Tahu

Kupat tahu adalah kuliner tradisional Bandung sangat enak disantap saat sarapan. Terdiri dari kombinasi lontong, tahu, dan tauge yang disajikan dengan saus kacang kental yang manis. Di Bandung sendiri ada banyak sekali para penjaja kupat tahu, salah satunya di kawasan Pasar Gempol.

Itulah 10 jenis makanan tradisional Bandung yang harus harus dicicipi ketika berlibur ke kota kembang yang memang banyak sekali ragam kulinernya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.