Makanan Tradisional Enak Di Bandung
Makanan Tradisional Enak Di Bandung

Makanan Tradisional Enak di Bandung – Jika berkunjung ke Bandung, jangan lupa mencicipi makanan tradisional enak di Bandung. Bandung yang menjadi kota metropolitan di Jawa Barat ini menyimpan berbagai objek wisata yang bisa dikunjungi, salah satunya wisata kuliner Bandung. Nah, untuk mengetahui bagaimana serunya sekali-kali bermain ke Bandung. Berikut ada referensi makanan khas yang bisa dinikmati saat liburan ke kota kembang ini.

Liburan Ke Bandung? Berikut Makanan Tradisional Enak di Bandung yang Patut Kamu Coba

  • Nasi Timbel

Nasi timbel bisa dimanfaatkan untuk makan siang hari atau malam hari. Nasi putihnya dibungkus menggunakan daun pisang. Lauknya ada daging, ikan, lalapan gorengan berupa tempe dan sambal tentunya yang tidak boleh ketinggalan.

  • Surabi

Makanan yang menjadi camilan favorit di Bandung ini memiliki banyak rasa. Jajanan yang bisa disebut kuliner legendaris di Bandung ini dilengkapi dengan tambahan topping sehingga berbeda dari makanan pada umumnya. Selain serabi rasa oncom, juga ada serabi rasa yang lain yang enak juga tentunya.

  • Bandros

Makanan yang terbuat dari campuran santan ditambah tepung beras ini juga makanan tradisional enak di Bandung. Untuk menambah rasa manisnya, ada ditambahkan gula pasir di atasnya sebagai taburan dan hiasannya juga. Saat ini bandros hadir dengan berbagai variasi rasa di antaranya ada rasa coklat atau rasa keju.

  • Pisang Bollen

Berlibur ke Bandung tentu jangan lupa membeli oleh-oleh untuk keluarga di rumah. Salah satu oleh-oleh yang bisa dipilih adalah pisang bollen. Kue yang berbentuk bulat persegi ini memiliki rasa yang lezat dan aroma yang menggugah selera serta hadir dengan beberapa varian rasa juga.

  • Gepuk

Makanan khas Bandung selanjutnya adalah gepuk yang bahan berbahan daging. Biasanya menggunakan daging sapi. Untuk lebih lezatnya gepuk ini dimakan dengan sambal dan nasi hangat.

  • Peuyem

Peuyeum bisa dimakan langsung atau boleh juga untuk pelengkap camilan. Masakan khas di Bandung ini dibuat dengan bahan dasar singkong diolah menjadi tape singkong yang lezat.

  • Ulukutek luenca
BACA JUGA:  Resep Masakan Martabak Keju Super Nikmat Khas Bandung

Kuliner legendaris di Bandung selanjutnya bernama ulukutek leunca adalah makanan bergizi yang bisa dimakan saja sebagai camilan. Hadir dengan rasa yang gurih dan pedas bahkan ada tambahan oncom untuk menambah cita rasanya.

  • Celonak

Celonak dikenal dengan nama lain yaitu tape bakar. Untuk menambah kelezatannya tape bakar ini disajikan dengan gula merah yang sudah dipanaskan kemudian ditambahkan kelapa parut.

  • Mie kocok

Siapa yang tidak mengenal mie? Hampir semua orang di Indonesia mengenal makanan yang bikin ketagihan ini yaitu mie. Baik itu mie instan atau mie yang dibuat dari tepung terlebih dahulu dengan berbagai macam bumbu. Di Bandung ada namanya mie kocok dengan bahan dasar mie kemudian ada tambahan seledri, sum-sum dan berbagai topping penikmat lainnya.

  • Seblak

Seblak adalah makanan khas Bandung yang berbahan kerupuk basah diolah menggunakan rempah-rempah sehingga menghasilkan rasa yang tidak sama dengan yang lainnya. Untuk isian digunakan telur, daging dan sayur.

  • Nasi tutug oncom

Seperti namanya, tentu saja bahan dasar yang digunakan dalam kuliner ini adalah nasi putih. Bedanya dengan nasi yang lain, nasi tutug oncom menggunakan nasi yang telah ditumbuk kemudian dicampurkan dengan oncom. Sebagai pelengkapnya dan untuk menambah rasa, digunakan lauk-pauk.

  • Wajit cililin

Wajit juga merupakan salah satu dari makanan khas Bandung, tepatnya Bandung barat yang bisa dimanfaatkan sebagai oleh-oleh. Bahan dasar pembuatan wajit cililin ini menggunakan beras ketan. Untuk menambah cita rasanya digunakan gula aren, kelapa dan vanili.

  • Es Goyobod

Nah, makanan penutup pembahasan kita kali ini bernama es goyobod. Es milik Bandung ini berisi adonan sagu aren, serutan es, susu dan santan serta beberapa bahan lain untuk menambah nikmatnya seperti roti tawar.

Itulah tiga belas wisata kuliner makanan tradisional enak di Bandung yang bisa dicicipi jika berkunjung ke Bandung.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.