Masakan Tradisional Garut
Masakan Tradisional Garut

Makanan Tradisional Garut – Bukan hanya dodol saja, ada juga beberapa jenis makanan khas lain yang memiliki rasa tersendiri. Meskipun dari dulu hingga saat ini, garut memang terkenal dengan dodolnya. Karena itulah, saat berkunjung ke sana, cobalah untuk mencari makanan lainnya yang bisa dicicipi serta untuk oleh-oleh keluarga di rumah. Berikut ada beberapa wisata kuliner Garut yang wajib dicoba.

Ingin Mencoba Makanan Tradisional Garut? Berikut Referensinya

  • Ladu

Jika diperhatikan, ladu memang mirip dengan dodol, tetapi bukan dodol. Rasa manis ladu pun tidak semanis rasa dodol. Bahan dasar digunakan untuk pembuatan ladu ini adalah tepung ketan, kelapa parut dan gula merah untuk rasa manisnya. Jika berlibur ke Garut, silahkan beli ladu selain untuk dimakan di perjalanan juga bisa dibawa pulang untuk oleh-oleh.

  • Emplot

Makanan khas Garut ini juga dikenal dengan nama endog lewo. Untuk mengolahnya, diperlukan bahan dasar berupa berupa singkong. Sebelum digunakan, singkong tersebut terlebih dahulu digiling, kemudian setelah halus diperas dan didiamkan sekitar sehari semalam atau 24 jam. Singkong yang telah didiamkan lalu dicampur dengan parutan kelapa dan bumbu lain untuk menambah cita rasa. Selanjutnya baru digoreng.

  • Bakso Aci

Garut yang terkenal dengan dodolnya ini ternyata juga memiliki bakso sebagai kulinernya. Jika ingin menyantap makanan berat khas Garut bisa berkunjung langsung ke tempat aslinya, dan cicipi berbagai masakan dengan kekhasan rasanya.  Bakso aci ini juga hampir sama seperti pada bakso pada umumnya ada kuah dan bumbunya, hanya saja bakso ini dibuat dari tepung kanji dan bahan isiannya daging.

  • Burayot

Burayot ini lebih tepatnya dikatakan sebagai oleh-oleh Garut. Bahan pembuatan burayot ini menggunakan beras merah, kacang merah serta gula aren. Selain oleh-oleh kadang-kadang ini juga dimanfaatkan sebagai kue lebaran.

  • Chocodot
BACA JUGA:  Daftar Masakan Tradisional Jawa Barat yang Menggiurkan Lidah

Chocodot adalah makanan tradisional Garut yang juga dimanfaatkan sebagai oleh-oleh khas Garut. Chocodot adalah dodol yang dibuat dengan perpaduan coklat dan rasanya pun lezat. Jika berkunjung ke Garut, ini adalah oleh-oleh yang paling diminati oleh para wisatawan.

  • Soto Garut

Bagi penyuka soto, Garut juga memiliki soto yang bisa dinikmati saat berkunjung ke Garut. Soto garut dibuat dengan menggunakan bahan suwiran ayam, telur, kecambah serta kuah untuk pelengkapnya. Soto ini bsia disajikan dengan nasi putih. Setiap daerah tentu punya makanan tertentu yang bagi sebagian orang itu adalah makanan berat. Soto garut mungkin bisa digolongkan sebagai makanan berat khas Garut karena dimakan bersama nasi putih.

  • Angleng

Garut memiliki banyak oleh-oleh yang bisa dibawa pulang ke kampung halaman. Bahan dasar pembuatan angling menggunakan beras ketan dan gula merah. Cara membuat angling bisa dibilang hampir sama dengan cara membuat dodol. Namun, angling tidak dibuat seperti caramel.

  • Moring garutan

Semua orang tahu keripik itu yang mana dan keripik pun menjadi camilan favorit semua kalangan masyarakat. Keripik khas Garut ini dibuat dari cimol sehingga dinamakan moring yaitu cimol kering. Keripik yang enak ini memiliki beberapa varian rasa seperti BBQ, pedas dan ada juga rasa keju.

  • Dorokdok

Makanan khas Garut selanjutnya bernama dorokdok yang dibuat dari kulit sapi serta tambahan bumbu-bumbu lain. Dorokdok ini juga bisa digunakan sebagai camilan karena memiliki rasa yang gurih.

  • Opak bungbulang

Opak bungbulang juga camilan khas Garut yang dibuat menggunakan beras ketan. Bungbulang ini biasanya dimasak dengan cara tradisional yaitu dibakar di atas perapian sehingga menjadi camilan sehat bagi tubuh.

10 makanan di atas adalah makanan tradisional Garut, di antaranya juga bisa dimanfaatkan sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang dan dihadiahkan ke sanak keluarga.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.