Masakan Tradisional Jogja
Masakan Tradisional Jogja

Masakan Tradisional Jogja – Memiliki karakteristik tersendiri sehingga disukai banyak orang dengan rasa lezat di lidah. Bahkan bagi masyarakat yang sedang pergi untuk beberapa tahun lamanya ke luar daerah Jogja. Maka mereka akan rindu dengan masakan kampung halaman mereka sendiri. sehingga bisa dikatakan, masakan jogja adalah masakan yang lezatnya tak bisa tergantikan oleh makanan daerah lain.

Sibuk Cari Referensi Masakan Tradisional Jogja? Berikut Jawabannya

  1. Oseng-oseng mercon

Makanan yang memiliki nama yang unik ini dibuat menggunakan daging sapi, kikil dan sangat banyak menggunakan cabai rawit sehingga rasanya pun sangat pedas. Oseng-oseng menjadi kuliner khas Jogja yang terkenal dengan rasa pedasnya.

  1. Ayam goreng

Ternyata ayam goreng tidak hanya ada di Malaysia saja, tetapi di Indonesia juga ada khususnya Jogja. Jika berkunjung ke Jogja jangan lupa mencicipi ayam kampung goreng khasnya yang gurih.

  1. Jadah tempe

Masakan Jogja selanjutnya bernama jadah tempe. Jadahnya dibuat menggunakan ketan yang dicampurkan dengan kelapa. Biasanya makanan ini disajikan dengan tempe bacem.

  1. Sate klathak

Bahan dasar pembuatan makanan ini adalah daging kambing, kemudian diberi garam untuk rasa asinnya. Sate ini dimasak menggunakan jeruji besi sepeda diletakkan di atas bara arang. Yang membuat sate ini berbeda dari sate biasanya adalah karena besi tusukannya menggunakan jeruji besi sepeda. Jika bingung mengapa tusukannya menggunakan besi bukan menggunakan lidi kayu yang biasa digunakan pada sate pada umumnya.

  1. Gudeg

Masakan tradisional Jogja selanjutnya bernama gudeg. Rasa makanan yang berbahan dasar nangka ini akan lebih lezat jika dimakan bersama nasi pulen. Rasa sebenarnya manis. Namun jika dipadu padankan dengan makanan lain tentu rasa manisnya akan berbeda dan tetap nikmat. Selain itu bisa juga dimakan dengan opor ayam, telur, sambal goreng krecek ataupun tempe bacem. Gudeg terbagi  menjadi dua jenis yaitu gudeg basah dan gudeg kering.

  1. Sego kucing
BACA JUGA:  Resep Masakan Martabak Keju Super Nikmat Khas Bandung

Sebagian orang khususnya masyarakat Jogja mungkin sudah tahu mengapa makanan ini disebut dengan sego kucing. Nama sego kucing dijuluki untuk makanan ini karena nasinya ini disajikan dengan porsi yang kecil yang bisa dibilang seperti porsi makanan kucing. Nasi ini dibuat dibuat dengan balutan daun pisang dan di atas nasi tersebut ditambahkan ikan teri, tempe dan sambal yang tidak boleh ketinggalan.

  1. Kopi joss

Kuliner khas Jogja yang terkenal selanjutnya bernama kopi joss. Sama seperti kopi pada umumnya, kopi ini juga diseduh menggunakan air mendidih dan campuran gula, bedanya kopi ini ada tambahan arang panas. Ketika arang dicelupkan ke dalam air kopi ini akan berbunyi joss, sehingga kopi ini pun dikenal dengan nama kopi joss.

  1. Bakpia

Bakpia termasuk makanan khas Jogja yang tahan lama, karena bisa disimpan beberapa hari. Bakpia dibuat dengan menggunakan bahan dasar berupa tepung dan kacang hijau sebagai isiannya yang membuat rasa makanan ini lezat. Namun, saat ini bakpia tidak hanya menggunakan kacang hijau sebagai isiannya tetapi ada yang berisi coklat, keju, cappuccino bahkan rasa durian.

  1. Bakmi Jawa Goreng

Makanan yang ada kata mienya pasti semua sudah tahu bahwa makanan tersebut menggunakan mie sebagai salah satu bahannya. Bakmi jogja ini disajikan dengan sayuran seperti kol, ayam atau daging yang lain. Bakmi jogja bisa dimakan dengan kuah atau juga tanpa kuah.

  1. Soto

Kuliner khas Jogja yang terkenal selanjutnya yaitu soto. Siapa yang tidak mengetahui soto? Pasti semua sudah tahu, kan? Di Jogja, makanan ini juga menjadi makanan yang paling diminati. Soto bisa dimakan dengan nasi dan kuahnya serta  campuran sayuran dan daging.

Demikian referensi 10 masakan tradisional Jogja bagi kamu yang sedang berlibur ke kota pelajar ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.