Masakan Tradisional Kalimantan Barat
Masakan Tradisional Kalimantan Barat

Masakan Tradisional Kalimantan Barat – Terkenal memiliki banyak sekali kuliner unik dan enak. Selain karena cara pembuatannya yang tidak biasa, bumbu yang digunakan juga sangat khas. Hal tersebut membuat makanan tradisionalnya terasa istimewa karena citarasanya sangat berbeda dengan daerah lainnya. Berikut beberapa recomendasi yang harus Anda coba saat akan melakukan wisata kuliner.

Masakan Tradisional Kalimantan Barat

  1. Mie Kepiting Pontianak

Mie khas Pontianak ini beda daripada mie lainnya yang biasanya disantap dengan ayam. Namun mie khas pontianak ini disajikan bersama potongan udang, daging kepiting, ikan, bakso, kecambah dan pangsit goreng. Bisa dibilang makan mie dalam sajian seafood.

  1. Mie Sagu

Mie sagu adalah makanan khas suku Melayu di Pontianak. Makanan ini disajikan sebagai pendamping makanan masyarakat Kalimantan Barat. Mienya sendiri terbuat dari sagu yang diulen dan dipotong kecil panjang. Penyajiannya juga disiram dengan kuah kaldu, yang membuat tekstur dari mie ini semakin kenyal saat dimakan.

  1. Sotong Pangkong

Di Pontianak sendiri sotong ini memiliki  arti cumi-cumi sedangkan pangkong artinya memukul. Jadi bisa diartikan bahwa pengolahannya dipukul menggunakan palu agar daging cumi-cumi terasa empuk sehingga membuat ciri khas makanan kalimantan barat ini cukup unik. Sotong pangkong ini biasanya dicampur dengan sambal kacang atau sambal asam pedas manis. Makanan ini sangat diburu oleh masyrakat Pontianak apalagi saat menjelang Ramadhan.

  1. Ale-ale

Makanan satu ini bahan utamanya adalah kerang, dimana kerang yang digunakan adalah kerang sejenis dengan cangkang kulit yang keras dan licin kemudian isinya berwarna putih bening. Kerang yang dimaksud hanya bisa ditemukan di Kota Ketapang itu sebabnya makanan ini hanya khas dari Ketapang sendiri. Untuk menambah kenikmatan dari Ale-ale ini biasanya disajikan dengan nasi panas dan saus kecap.

  1. Lempok Durian

Kota Pontianak terkenal dengan berlimpahnya buah durian, itu sebabnya masyarakat Pontianak memanfaatkan hal ini untuk membuat makanan unik yaitu kue lempok durian. Kue yang satu ini memiliki bentuk seperti dodol yang kenyal namun lempok durian tidak menggunakan bahan campuran tepung ketan. Bahan yang digunakan dalam pembuatan kue ini memang adalah 100 persen durian, maka dari itu wangi dari kue ini sangat menyengat di hidung dan menyeruak di mulut.

  1. Kerupuk Basah

Kerupuk basah makanan khas Kalimantan Barat ini menyajikan kerupuk yang tidak bertekstur kering atau garing. Makanan ini disajikan dengan cara dikukus lalu disantap bersama saus kacang. Kerupuk basah ini sendiri terbuat dari bahan tepung sagu dan ikan belida, ikan belida sendiri memberikan tekstur dan wangi yang semakin sedap pada kerupuk basah ini.

  1. Lek Tau Suan

Dari namanya kita pasti berpikir bahwa makanan ini berasal dari Tionghoa, namun masakan ini berasal dari Pontianak. Karena Pontianak punya beragam makanan khas Tionghoa. Sajian yang satu ini terbuat dari tepung tapioka yang dicampur dengan gula dan pandan. Untuk pelengkapnya biasanya ditambah dengan cak kwe.   Makanan ini akan sangat cocok dinikmati dan disantap saat musim hujan datang. Karena memberikan sensasi hangat yang bisa membangkitkan kebugaran tubuh.

  1. Chai Kwe

Chai Kwe memang berasal dari China, namun sangat populer di Pontianak dan bumbu dari Pontianaklah yang sangat terbaik di Indonesia. Makanan ini berisikan sayuran yang dibentuk dalam sajian seperti kue. Isi dari makanan ini berupa talas, bengkoang, campuran ebi, dan kucai yang diiris. Sedangkan pembungkusnya dari tepung beras dan tepung sagu sehingga tekstur daripada makanan ini licin dan kenyal.

  1. Es Krim Petrus

Bentuknya memang hampir mirip seperti es kekinian masa sekarang, namun penyajiannya disajikan dalam batok kelapa dan diisi dengan kacang merah, rumput laut dan juga cincau. Tekstur dari es ini sangat lembut dan sangat dominan terhadap lidah.

BACA JUGA:  Masakan Tradisional Banjar yang Wajib di Coba

Demikianlah masakan tradisional Kalimantan Barat yang harus Anda coba saat akan melakukan wisata kuliner.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.