Makanan Tradisional Kalimantan Tengah
Makanan Tradisional Kalimantan Tengah

Makanan Tradisional Kalimantan Tengah – Selain wisata alamnya yang cantik dan indah, kalimantan tengah juga terkenal akan kekayaan kulinernya yang sangat enak. Dengan rasa yang khas dan nikmat menjadikan daerah ini sering dikunjungi wisatawan. Berikut ini daftar kuliner yang wajib dicicipi saat berkunjung ke sana.

6 Makanan Tradisional Kalimantan Tengah yang Terkenal

  1. Hintalu Karuang

Bagi suku Banjar Hintalu memiliki arti telur dan Kaluang memiliki arti kelelawar. Namun bukan berarti makanan ini berasal dari telur kelelawar, melainkan itu hanya nama saja yang diberikan suku banjar karena bentuk makanan ringan khas dari kalimantan tengah ini kecil-kecil seperti telur kelelawar. Bahan untuk pembuatan Hintalu kaluang ini terbuat dari tepung ketan serta menggunakan campuran gula merah dan santan sebagai kuahnya untuk menciptakan rasa manis. Makanan ini sering disajikan saat berbuka puasa oleh masyarakat banjar. Makanan ini enak jika dinikmati dalam keadaan hangat.

  1. Keripik Kalakai

Makanan satu ini adalah makanan khas suku dayak di mana suku ini dulu memiliki hidup yang harmonis dengan hutan. Oleh sebab itu tanaman kalakai adalah tanaman yang dimanfaatkan oleh suku dayak Kalimantan tengah dalam pengolahan makanan ini. Tanaman ini bagi suku dayak dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit seperti diare, penambah darah bahkan bisa menjaga kulit agar awet muda. Cara pembuatan keripik ini ialah dengan cara mengambil daun kelakai yang masih muda lalu dibaluri adonan tepung bumbu dan digoreng dengan minyak panas. Rasa dari keripik ini sangat gurih dan renyah.

  1. Wadi

Makanan yang satu ini adalah olahan suku dayak dan banjar. Dimana proses penyajiannya menggunakan ikan yang sudah difermentasikan bila musim ikan di Palangkaraya sudah sepi. Makanan ini sangat memiliki wangi yang menyengat. Ikan yang digunakan dalam fermentasi juga bisa menggunakan semua jenis ikan yang ada tergantung kemauan si pembuat ingin menggunakan ikan jenis apa. Proses fermentasi wadi ini memakan waktu dua sampai tiga hari dan masakan ini sendiri bisa bertahan hingga berbulan-bulan bahkan tahunan. Masakan ini memiliki rasa asam yang unik sehingga membuatnya semakin enak.

  1. Bangamat

Mungkin nama makanan khas dari kalimantan tengah ini terdengar asing bagi kita. Yang unik dari makanan ini adalah bahan utamanya yaitu daging kelelawar. Bagi anda yang menyukai makanan ekstrim bisa mencoba makanan ini. Prosesnya juga tidak rumit dimana daging kelelawar yang sudah benar-benar bersih akan dimasak dengan bumbu yang telah disediakan hingga matang. Saat memasak daging kelelawar biasanya dilakukan bersama sulur kelari atau sayur hati batang pisang.

  1. Terong Mapui

Dari namanya saja mungkin kita sudah tahu bahwa bahan utamanya adalah terong dan yang digunakan adalah terong ungu. Proses pengolahannya terong ungu di bakar hingga bagian kulit dan dagingnya lembek. Kemudian ditaburi dengan bumbu campuran cabai rawit, garam, serta terasi. Terong Mapui biasanya disajikan sebagai lauk pendamping dari menu utama. Rasa yang dihasilkan yaitu pedas, asam serta manis.

  1. Kue Gagatas

Setelah berburu makanan berat, Anda juga bisa berburu camilan yang satu ini. Bahan utama pembuatan kue ini adalah beras ketan. Cemilan yang satu ini sangat banyak dijumpai di pasar tradisional serta memiliki harga yang relatif murah. Itu sebabnya kue ini sangat banyak diminati bukan hanya oleh masyarakat lokal saja melainkan para wisatawan juga menyukainya.

BACA JUGA:  Makanan Tradisional Kalimantan Timur Citarasa Tinggi

Demikianlah beberapa masakan tradisional Kalimantan Tengah yang paling terkenal sehingga wajib dicoba saat Anda berkunjung ke sana.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.