Masakan Tradisional Dari Kentang
Masakan Tradisional Dari Kentang

Masakan Tradisional Dari Kentang – Masyarakat Indonesia menggunakan kentang untuk membuat berbagai masakan tradisional yang lezat dan gurih. Banyak orang menyukai kentang karena mengandung karbohidrat. Olahan kentang juga bisa dijadikan camilan atau sebagai lauk pendamping nasi putih. berikut ada tiga masakan olahan kentang dengan rasa yang lezat dan gurih yang bisa dicoba di rumah.

Berikut Masakan Tradisional dari Kentang yang Simple Dibuat

  • Sambal goreng kentang

Resep tumis kentang ini memiliki rasa yang lezat, cocok disajikan di hari-hari biasa sebagai pendamping nasi putih. Cara mengolah kentang ini pun tidak terlalu sulit dan bahannya sangat mudah didapatkan di pasar. Bahan yang digunakan selain kentang sebagai bahan utama, ada juga bahan lain seperti bumbu dasar untuk sambal sebanyak 4sdm, serai 1batang kemudian digeprek kasar, daun salam 1lembar, 1ruas laos, 1/2sdt royco, serta garam dan gula pasir.

Setelah potongan dadu kentang dibersihkan, selanjutnya digoreng. Setelah dikira matang, maka selanjutkan dengan memasak sambalnya. Tumis bumbu dasar sambal, laos dan semua bumbu di atas. Setelah beberapa menit, baru masukkan potongan kentang tadi, aduk hingga rata. Masak hingga meresap, angkat dan sajikan.

  • Perkedel kentang

Resep olahan kentang praktis selanjutnya bernama perkedel kentang. Perkedel kentang adalah makanan gorengan yang lezat dan gurih, bisa dimakan disaat santai ataupun sebagai lauk nasi putih. Untuk membuat masakan ini, yang pertama kali dibutuhkan tentu kentangnya, kemudian merica bubuk, kuning telur, bawang merah untuk digoreng, bawang putih dihaluskan, bubuk pala, putih telur, garam, gula pasir serta kaldu bubuk.

Setelah kentang dikupas kemudian dipotong-potong dan dicuci hingga bersih. Kentang tersebut digoreng hingga matang dan dihaluskan. Masukkan bahan-bahan lain, diaduk agar semua bahan tercampur rata, kemudian dibentuk bulat pipih atau sesuai selera. Siapkan putih telur dalam mangkuk yang lain untuk menggoreng perkedel. Celup di dalam putih telur dan masukkan ke dalam wajan berisi minyak yang sudah dipanaskan. Setelah berwarna agak kecoklatan, angkat dan perkedel siap disajikan.

  • Kroket kentang
BACA JUGA:  Masakan Tradisional Daging Sapi Khas Nusantara

Selain lauk di atas, ada lagi resep cemilan dari kentang bernama kroket kentang. Bahan yang diperlukan yaitu 1butir kentang, 250gr tepung terigu, 1bawang Bombay dan 5siung bawang merah kemudian dicincang halus, susu dancow 1sachet, ladaku 1sachet, buah pala 1/2butir, garam, telur 1butir, royco, mentega, air dan minyak secukupnya. Untuk bahan pencelupnya diperlukan tepung panir sebanyak 200gram dan telur.

Untuk mengolah kentang dan macam-macam bahan tersebut, maka kentang yang telah dibersihkan direbus terlebih dahulu. Sambil menunggu kentang empuk, bawang merah serta bawang bombay ditumis dengan mentega. Kentang diangkat jika telah empuk. Tepung terigu disangrai dengan api kecil agar tidak gosong. Tambahkan tumisan bawang tadi.

Kentang dicampur dengan tepung, dan ditambahkan susu bubuk, lada, air, garam, royco, kemudian diaduk hingga rata. Tambahkan telur dan sisa mentega, bentuk adonan bulat lonjong atau sesuai selera. Untuk menggorengnya adonan terlebih dahulu di celup ke dalam telur dan tepung panir. Masukkan adonan tersebut ke dalam minyak yang sudah dipanaskan. Tunggu hingga berwarna kecoklatan, angkat dan sajikan.

Itulah tiga masakan tradisional dari kentang yang bisa dibuat dengan cara yang mudah, namun tetap menghasilkan rasa yang lezat dan gurih. Masakan kentang tersebut juga bisa dimanfaatkan sebagai camilan atau pendamping nasi putih. Karena sama-sama mengandung karbohidrat tentunya memakanya dengan lauk perlu diperhatikan fungsinya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.